Wednesday, October 12, 2011

Dibalik semua ini..

Dari dulu, saya menganggap saya bukanlah seseorang yang begitu kreatif. Kreatif adalah satu kata yang saya rasa tidak ada di dalam diri saya. Namun, saya selalu ingin untuk bisa menjadi kreatif. Karena saya melihat orang-orang yang sukses itu adalah seorang yang kreatif.
Nah, pada semester ini saya mengikuti mata kuliah kreativitas. Saya mempunyai harapan dengan mengikuti mata kuliah ini, saya bisa menjadi kreatif seperti yang saya inginkan. Hal tersebut ternyata saya rasa bisa saya dapatkan di bawa bimbingan bu Dina, karena beliau mampu membuat otak saya berpikir kreatif. Dengan stimulus yang diberikan oleh bu Dina pada tugas-tugas sebelumnya, itu membuat saya merasa tertantang untuk dapat membuat sesuatu yang berguna dan kreatif.
Dalam buku Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat oleh Prof. Utami Munandar, dikatakan dalam pengembangan kreativitas itu terdapat pendekatan 4P, yaitu Pribadi, Pendorong, Proses, dan Produk. Dikatakan, kreativitas merupakan ungkapan (ekspresi) dari keunikan individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Pribadi masing-masing orang itu pasti memiliki keunikannya sendiri-sendiri dan diharapkan dari pribadi yang unik itu, timbullah ide-ide yang kreatif. Karena pribadi itu unik, maka hasil dari tiap-tiap orang itu pasti berbeda-beda nantinya.
Saya mengikuti mata kuliah ini, karena saya terdorong dari dalam diri saya untuk mengikutinya. Dengan alasan keinginan saya untuk menjadi kreatif atau memaksimalkan kemampuan yang saya punya. Dorongan yang saya punya ini sejalan dengan teori kebutuhan pada Maslow yang menyatakan seseorang itu membutuhkan self actualization atau aktualisasi diri. Saya ingin menunjukkan kepada orang kalau saya bisa. Karena sudah didorong oleh dorongan internal, pada mata kuliah ini saya uga didorong untuk memikirkan sesuatu yang kreatif dan inovatif, hal itu saya dapatkan dari cara mengajar bu Dina, yang dengan memberikan tugas-tugas yang merangsang aktivitas kerja otak saya menuju satu kata tadi yaitu kreatif.
Semua yang dijalankan dalam mata kuliah kreativitas ini merupakan proses untuk kreatif. Dengan memberikan kesempatan kepada kami selalu bersibuk diri dengan hal-hal kreatif, seperti membuat suatu produk, merangkai kata-kata di dalam blog, semua itu membuat saya semakin tertantang untuk dapat menjadi kreatif itu, dan saya sudah merasakan ada yang berbeda berproses pada diri saya.
Saya berharap dengan mengikuti mata kuliah ini, saya dapat mencapai tujuan saya untuk menjadi kreatif dan dapat menghasilkan sesuatu yang setidaknya berguna bagi diri saya sendiri dulu.

No comments:

Post a Comment